Karet Bakelite

Bakelit adalah polimer turunan yang tersusun atas fenol dan formaldehid. Bakelit merupakan jenis plastik termoseting yang tahan terhadap guncangan, keras tetapi ringan.

Bakelite adalah salah satu plastik sintetik pertama yang diproduksi dan mulai di kembangkan pada awal abad ke 20. Barkelit adalah resin pengikat fenol formaldehida yang di campur dengan bahan pengisi lainnya seperti tepung kayu, fibrouscellulose, grafit, mika dan juga serat kaca dengan sifat pengisi atau filter yang tealah di tentukan.

Barkelite sendiri merupakan bahan dasar yang umumnya digunakan pada pengaturan thermo resin fenol rormaldehida. Produk Barkelite ini mempunyai sifat yang unik pada kepadatan rendah dengan stabilitas dimens yang tinggi, gloss, tahan panas, permukaan yang keras, tahan korosi dan juga bersifat tidak menghantarkan listrik atau isolasi listrik. Oleh sebab itulah, Produk Barkelite ini banyak digunakan untuk peralatan insulator listrik, selubung telepon, radio, peralatan dapur seperti pegangan panci, tombol, nampan, pegangan streamer atau pengukus serta mainan anak-anak dan masih banyak lagi.

Jika digunakan sebagai pegangan, maka bakelite akan memberikan sifat-sifat seperti tahan terhadap suhu yang tinggi serta bertindak sebagai isolator atau penghambat panas, sehingga dapat memudahkan dalam memakai aatau memegang peralatan dapur. Selain itu, bahan bakelite pada nampan juga dapat menjaga makanan supaya tetap hangat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top