Tips Memilih Ban Motor Yang Berkualitas

Ban Motor yang bagus dan berkualitas tidak hanya di lihat dari harganya saja yang mahal atau di produksi di luar negeri tetapi juga harus dilihat dari kualitas serta ukuran ban tersebut apakah sesuai dengan motor anda.
Ban Motor merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam sebuah motor, maka dari itu pemilihannya juga harus tepat supaya anda tetap merasa nyaman saat berkendara, selain itu juga agar jalan motor menjadi tidak oleng, sehingga anda akan tetap aman mengendarai motor.

Bagi sebagian orang memilih ban motor adalah hal yang terkesan sepele, karena kita hanya pergi ketoko ban lalu kemudian memilih yang harganya sesuai atau memiliki desain yang bagus. Seiring dengan perkembangan industri ban, maka berbagai macam varian produk ban motor juga semakin banyak, mulai dari ukurannya, pattern atau pola dan kompon. Tetapi yang perlu anda ketahui bahwa, jika kita memasang ban di luar ukuran yang direkomendasikan tentu saja akan menyebabkan terjadinya masalah karena desain standar tentunya sudah melewati berbagai macam riset test performance , kestabilan, torsi mesin dan yang lainnya.

Dan berikut di bawah ini adalah beberapa tips memilih ban motor yang berkualitas dan yang sesuai untuk motor anda sehingga anda akan tetap nyaman dalam berkendara :
1.Memilih Ban Yang Berkualitas
Dalam pemilihan ban, Kualitas merupakan prioritas utama, karena jika anda memilih ban dengan kualitas yang buruk maka akan menyebabkan ban sepeda motor anda tidak tahan lama dan tentunya anda akan mengeluarkan biaya kembali untuk membeli ban motor yang baru. Selain itu, ban motor yang kualitasnya buruk, jika di pakai untuk kecepatan tinggi juga akan cepat panas dan bisa menyebabkan terjadi kecelakaan. Maka dari itu pilihlah ban yang berkualitas, meskipun dengan harga mahal tetapi itu bukanlah masalah.

2.Memilih Ban dengan Motif Yang Sesuai dengan Kondisi Jalan
Tips yang kedua yaitu memilih ban motor yang memiliki motif yang sesuai dengan kondisi jalan yang sering anda lewati, Misalnya jika anda sering menggunakan motor anda pada jalan yang panas maka sebaiknya gunakan ban dengan motif guratan yang sedikit karena jika motif guratan terlalu banyak dan sering terkena panas lalu kemudian terkena air maka akan membuat ban cepat rusak dan tingkat kerekatan ban menjadi semakin berkurang.

3.Memilih Ukuran Ban yang sesuai dengan Motor
Pililah ukuran ban yang sesuai dengan motor anda, Karena sekarang ini banyak sekali anak muda yang mengganti ban motornya dengan ukuran yang lebih kecil hanya karena terlihat gaul tetapi sebenarnya itu cukup berbahaya karena bisa menyebabkan terjadi kecelakaan.

Biasanya, ukuran ban motor yang cocok untuk sepeda motor bebek yaitu 70/90 dan 80/90, sedangkan untuk ban matic yang di sarankan yaitu 80/90 dan 90/90. Dan untuk moge atau motor sport sebaiknya anda menanyakan langsung kepada teknisi ahlinya.

4. Pilih Tahun Pembuatan Ban Motor terbaru
Tips yang teakhir yaitu memilih tahun pembuatan ban motor tersebut, karena hal itu juga mempengaruhi kualitas ban motor, jika ban motor adalah stock yang lama atau sudah bertahun-tahun disimpan di gudang maka tentu saja akan menurunkan kualitas ban motor tersebut.

Umumnya tahun pembuatan dank ode produksi biasanya tertulis di sisi ban motor, misalnya kode produksi 1016 maka itu berarti pembuatan ban tersebut di minggu ke sepuluh dan angka 16 merupakan tahun jadi pembuatan di buat pada minggu ke 10 tahun 2016.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top